Wednesday 3 August 2016

Artikel: Sosial Media Manager Wajib Memahami hal Ini

Lowongan Kerja sebagai Sosial Media Staf hingga Sosial Media Manager saat ini banyak di berbagai media dan ini berarti fungsi dari sosial media sudah sangat dibutuhkan. Keberadaan sosial media terbukti membantu perusahaan berinteraksi secara positif dengan klien, customer dan pihak lainnya. Dalam hal ini perusahaan membutuhkan seorang sosial media manager yang berdedikasi dan mampu untuk menyelesaikan semua tugas yang ada. Nah, Jika Anda adalah seorang freelance social media manager atau pegawai tetap, cermati dahulu artikel berikut ini.

Strategi dan Perencanaan.
Sebelumnya coba perhatikan dan pelajari apa yang harus dilakukan. mulai dari perencanaan, pemilihan platform sosmed hingga materi apa saja yang nantinya akan disampaikan di akun sosmed perusahaan. Susun dengan rapi dan tepat sasaran, jangan buang waktu untuk mengerjakan hal yang tidak relevan dan tidak menghasilkan.

Eksekusi
Setelah Strategi tersusun, Eksekusi hal yang sangat penting untuk di perhatikan oleh  Sosial Media Manager. Eksekusi yang sempurna akan membuat hasil dari tugas sosial media akan tetap pada sasaran.

Komunitas
Menciptakan dan mencermati kemudian merespon komunitas dari perusahaan Anda. Seorang Social Media Manager harus memiliki kemampuan yang cukup untuk bisa menjadi PR yang akan merespon semua kebutuhan, Pertanyaan atau hal lain yang disampaikan oleh Komunitas, namun Sosial Media Manager harus juga mempunyai kemampuan untuk menjadi Sahabat, Teman untuk Komunitas.

Memahami cara kerja
Mengerti Konten mana yang efektif dan bekerja, Konten mana yang berpotensi menjadi Viral dan di "share" dalam jumlah besar. Social Media Manager harus sering melalukan eksperimen maupun mengevaluasi setiap konten yang sudah di unggah untuk dapat memberikan yang lebih baik nantinya. Apa pun feedback yang didapatkan dari konten yang telah di published, harus di evaluasi untuk menentukan konten berikutnya yang akan di "Share".

Menerapkan SEO yang tepat
Seorang Sosial Media Manager juga dituntut untuk bisa menerapkan Search Engine Optimization dengan benar. Carilah Staf yang menguasai bidang SEO jika anda tidak ahli dan kontrol hal-hal yang berhubungan dengan SEO untuk membuat target tetap tercapai.

Akhirnya semoga Anda akan terus berkembang sebagai seorang Social Media Manager. Sukses.

0 komentar:

Post a Comment